Definisi Sukses

Kita sering mendengar atau melihat kata sukses. Sebenarnya bagaimana definisi sukses itu sendiri ?

Sukses sering dikaitkan dengan tingkat keberhasilan berupa :
  • Harta yang melimpah,
  • Nama terkenal,
  • Kekuasaan/pengaruh, dll.
Dengan hidup bergelimang harta dengan berusaha untuk mendapatkannya dengan meraih segala keinginannya. Dalam fikirannya selalu terbayang siang dan malam hanya uang dan harta berlimpah, kemuliaan dan kehormatan. Disanjung dan dipuji kemanapun pergi.

Barang siapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka Jahanam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir.” ( QS. Al Israak : 18)

Kalaulah itu terdapat dalam diri kita, alangkah kasihan diri kita ini.... yang hanya meraih kesemuan belaka dengan menjadikan kehidupan di dunia lebih bernilai dibandingkan untuk mencapai akhirat. Mengapa demikian ?

Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah setan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah.” ( QS. Fathir : 5)

"Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. Kepada-Nyalah naik perkataan-perkataan (kalimat) yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya..." (QS. Fatir : 10)

Kehidupan dunia hanya sementara dan tidak kekal. Kehidupan yang kekal dan abadi hanyalah akhirat. Orang sukses adalah yang berhasil mendapat kemenangan di dunia dan akhirat dengan mencari kehidupan dunia untuk mendapatkan akhirat dan mengorbankan kepentingan dunianya untuk mendapatkan kebaikan akhirat.

Islam telah mengajarkan keseimbangan hidup dunia dan akhirat. Islam tidak anti kekayaan dan tidak menganjurkan pengikutnya untuk hidup miskin dan sengsara, tetapi Islam mengajarkan untuk menjadikan manusia tersebut meraih sukses baik di dunia maupun akhirat.

Sedangkan definisi sukses itu sendiri bagi saya adalah mampu membersihkan hati dengan mempersembahkan yang terbaik, terwujud dalam akhlak mulia serta beramal dengan hati ikhlas dan tetap rendah hati, karena semua ini adalah milik Allah SWT.

Comments