Aku Menyukai Biru

Semasa kecil jika membelikan bahan pakaian untuk ke-4 anaknya, alm. Mama  sudah mengklasifikan warna. Aku diberikan warna biru dan 3 adek-adekku masing-masing diberikan warna : merah, kuning dan hijau. Mungkin sejak itulah hingga saat ini aku sangat menyukai warna biru dengan segala gradasinya. Disamping warna biru yang menjadi mayoritas (90%) favorit, aku juga menyukai warna putih (5%), hitam (3%) dan warna lainnya (2%).

Warna biru tidak hanya berperan besar dalam penampilanku dalam mengenakan pakaian maupun celana, juga sudah menjangkau hingga ke warna dinding dan lampu kamarku. Asesoris lainnya adalah HP merk Nokia E90 yang mayoritas berwarna merah, aku ganti menjadi biru dengan meminta tolong tukang cat mobil untuk merubahnya. 

Biru merupakan salah satu dari tiga warna primer additif selain merah dan hijau. Pada dasarnya warna primer adalah bukan milik cahaya, tetapi lebih merupakan konsep biologis, yang didasarkan pada respon fisiologis mata Manusia terhadap cahaya. Secara fundamental, cahaya adalah spektrum berkesinambungan dari panjang gelombang, yang berarti bahwa terdapat jumlah warna yang tak terhingga. Akan tetapi, mata Manusia normalnya hanya memiliki tiga jenis alat penerima/reseptor yang disebut dengan sel kerucut (yang berada di retina). Ini yang merespon panjang gelombang cahaya tertentu. 

Warna primer aditif adalah warna primer cahaya. Alat/media yang menggabungkan pancaran cahaya untuk menciptakan sensasi warna menggunakan sistem warna aditif. Televisi adalah yang paling umum. Campuran warna cahaya merah dan hijau, menghasilkan nuansa warna kuning atau orange. Campuran hijau dan biru menghasilkan nuansa cyan, sedangkan campuran merah dan biru menghasilkan nuansa ungu dan magenta. Campuran dengan proporsi seimbang dari warna aditif primer menghasilkan nuansa warna kelabu; jika ketiga warna ini disaturasikan penuh, maka hasilnya adalah warna putih. Ruang warna/model warna yang dihasilkan disebut dengan RGB (red, green, blue).

RGB khususnya digunakan dalam seni rupa (seni lukis). Ruang warna RGB membentuk triad warna primer dalam sebuah lingkaran warna standar; juga warna sekunder: violet, orange/jingga dan hijau. Triad warna tersusun dari 3 warna yang ekuidistan (berjarak sama) dalam sebuah lingkaran warna.

Warna biru merupakan salah satu warna yang sering dijumpai. Biru merupakan warna langit dan juga digunakan dalam menggambarkan warna laut bahkan air jernih. Biru merupakan warna langit karena cahaya yang biru dihamburkan terbanyak oleh molekul dalam atmosfer. Air dalam kuantitas yang banyak kelihatan biru karena cahaya merah diserap terbanyak oleh molekul air. Namun ada pula yang menganggap bahwa warna biru tersebut berasal dari kehidupan plankton di bawah laut. 

Selain itu warna biru dipergunakan sebagai simbol untuk : bangsawan, es, suhu, ketenangan, stabil, kecerdasan, rasa percaya diri, dll. Warna biru terlihat sejuk dan memiliki makna positif, yaitu : melambangkan ketenangan, keheningan, kesetiaan, keamanan, kenyamanan, perlindungan, sensitif, bisa diandalkan dan stabil. Sedangkan makna negatif dari warna biru, yaitu : dingin, kaku, penakut, tertekan, suram, murung, penyendiri, curiga dan melankolis. 

Seorang konsultan warna dan penulis buku More Alive With Color, Leatrice Eisman, memberi arti dari warna biru adalah bentuk dari kesetiaan, ketenangan, sensitif dan bisa diandalkan. "Biru memiliki arti stabil karena itu adalah warna langit", kata Eisman. Meski langit kelabu dan akan hujan, kita tahu di atas awan-awan itu warna langit tetaplah biru. Kapan dipakai: Biru tua lebih cocok untuk acara formal atau seragam, sementara biru muda untuk yang sifatnya non formal. "Untuk memberi kesan humor dan kreatifitas, cobalah campuran warna biru dan ungu", kata Eisman.

National Geographic menyampaikan bahwa selain simbol dari bentuk depresi, biru juga memegang makna lebih dari warna-warna lain di dunia. Dalam budaya Barat, biru umumnya terkait dengan perasaan melankolis, sehingga memunculkan kata \'Blues\' ketika ada seseorang yang terlihat sedih. 

Warna biru juga dianggap sebagai warna yang menenangkan serta melambangkan kepercayaan, keamanan dan otoritas. Itulah yang menjadi alasan mengapa banyak bank-bank Amerika, seperti Citi dan Bank of America, menggunakan biru untuk logo mereka. Biru juga simbol maskulinitas dan mewakili kelahiran anak laki-laki. 

Berbeda dengan budaya dari Cina, di mana biru dianggap warna feminin. Sedangkan mayoritas negara Timur Tengah, biru berarti keselamatan dan perlindungan dan merupakan simbol dari syurga, spiritualitas dan keabadian. 

Dalam segi agama warna biru juga memiliki arti tersendiri. Agama Islam, warna biru hanya disebutkan satu kali dalam al-Qur'an :
يَوْمَ يُنْفَخُ فِي الصُّورِ وَنَحْشُرُ الْمُجْرِمِينَ يَوْمَئِذٍ زُرْقًا 

"(Yaitu) di hari (yang pada waktu itu) ditiup sangkakala dan Kami akan mengumpulkan pada hari itu orang-orang yang berdosa dengan muka yang biru buram".  [al-Qur'an surah Thaha : 102]

Maknanya adalah ketika bagian tubuh Manusia mengalami benturan, akan terlihat warna biru pada bagian tubuh tersebut.
Di banyak negara Amerika Latin yang mayoritas Katolik, warna biru merupakan simbol dari harapan dan kesehatan yang baik dan simbol dari Bunda Maria yang sering menggunakan kerudung dan jubah biru serta memperlihatkan sebagai kekayaan. Dalam agama Yahudi, biru merupakan warna untuk kekudusan dan keilahian. Sedangkan dalam agama Hindu, biru merupakan warna dari Dewa Krishna, Dewa yang paling dipuja didalam kepercayaan mereka serta melambangkan cinta dan sukacita dan menghancurkan rasa sakit dan dosa. 

Jika menyangkut aura biru, ciri kepribadian dan karakteristiknya adalah sebagai berikut :

1. Penuh perhatian 
Merupakan Tuan rumah yang baik karena pandai memuaskan keinginan tamu-tamunya, dan mahir berkomunikasi. Dalam kehidupan ada dua hal yang diutamakan yaitu persahabatan dan spiritualitas. Biru sangat bahagia jika mampu menjalin persahabatan yang erat dan mesra. Sebaliknya akan merasa hancur dan depresi jika harus berada sendirian dan dalam kondisi persahabatan yang buruk. 

2. Cenderung berubah dalam cinta
Karena ingin dicintai, biru cenderung mengubah dirinya. Jika warna lain membutuhkan waktu untuk menyendiri, biru akan berpikir kalau tidak lagi dicintai, karena ingin selalu berada di dekat orang-orang yang dicintainya. 

3. Perasa
Merupakan aura paling perasa diantara semua warna aura. Mudah mengeluarkan air mata dalam keadaan marah, sedih, maupun senang. Ia lebih mementingkan hati dan perasaan, suka melindungi, hangat dan penuh kasih sayang. Tujuan hidupnya di dunia ini adalah memberi cinta, mengajarkan kasih dan belajar mencintai. Ia ingin semua orang merasa dicintai dan diterima dan tidak segan-segan mencurahkan waktu dan tenaga untuk teman-teman yang membutuhkan. 

4. Memiliki naluri yang kuat
Dapat merasakan jika sesuatu akan terjadi. Misalnya ketika memikirkan seseorang yang sudah lama tidak dijumpainya, dalam waktu tidak berapa lama orang tersebut menghubunginya. Jika ia menghadapi masalah baik dalam persahabatan, bisnis, kesehatan maupun hal lain, hanya memerlukan waktu untuk berdiam diri dan berkonsentrasi untuk mendapatkan jawaban yang akan diperlukan. 

Aura warna biru memiliki keterbatasan, yaitu selalu ragu apakah dirinya benar-benar dicintai karena ingin dicintai melebihi apa pun yang ada di dunia ini. Aura biru sering terlalu dramatis dalam memandang cinta dan cenderung memanipulasi orang lain. 

Dan kekuatannya yaitu mampu merasakan dan mengetahui apa yang dipikirkan orang lain. Biru mempunyai apa yang dipikirkan orang lain. Selain memiliki banyak teman, karena senang berada di dekatnya karena memiliki pancaran kehangatan dan kasih sayangnya. Sayangnya, banyak orang yang justru memanfaatkan sifat murah hatinya.

Psikologi warna mempelajari dan mengidentifikasi persepsi Manusia terhadap warna-warni benda yang ada di alam. Suasana hati seseorang bisa pula terpengaruh dengan adanya warna yang tertangkap indera penglihatan. Untuk itu, biarkan warna bicara apa adanya. 

Warna memiliki korelasi dengan karakter seseorang. Sehingga sebuah institusi bisnis biasanya memiliki corporate color, sebuah negara juga memiliki color of nation yang umumnya tercermin pada bendera nasional mereka. Demikian pula partai-partai politik menggunakan simbol-simbol warna untuk menunjukkan identifikasi dan eksistensi di benak para pengikutnya. 

Orang menyebut dengan istilah psikologi warna untuk mengartikulasi persepsi Manusia terhadap warna yang terlihat oleh mata. Setiap warna akan memberikan kesan dan kemudian dipersepsikan secara unik oleh pikiran orang yang sedang melihatnya. Demikian pula warna-warna alam yang ada di sekeliling kita, seakan mampu berbicara dan mempengaruhi suasana hati seseorang. 

Seorang fotografer terkenal di negeri ini di dalam bukunya : Color Vision, Darwis Triadi, mengungkapkan bahwa : “Warna dapat menciptakan keselarasan dalam hidup. Dengan warna kita bisa menciptakan suasana teduh dan damai. Dengan warna pula kita dapat menciptakan keberingasan dan kekacauan”. 

Warna biru memiliki bermacam warna :

- Biru tua
Melambangkan perasaan yang mendalam. Biasanya bersifat perasa, bijaksana, tidak mudah untuk tersinggung, bersikap tenang dan memiliki teman/kenalan/rekan yang luas.

- Biru muda:
Melambangkan sifat yang teguh dan kokoh. Biasanya sedikit keras kepala, serta sering berbangga diri dan memiliki pendirian yang tetap.

- Biru Gelap :
Melambangkan suasana hati. Menggambarkan rasa depresi yang menekan hati akan kerinduan masa lalu, atau hilangnya romantisme. Sedangkan biru terang menggambarkan gairah menyambut rencana atau proyek baru.

Warna biru memberi kesan tenang dan menekankan keinginan. Biru tidak meminta mata untuk memperhatikan. Obyek dan gambar biru pada dasarnya dapat menciptakan perasaan yang dingin dan tenang. Warna biru juga dapat menampilkan kekuatan teknologi, kebersihan, udara, air dan kedalaman laut. Selain itu, jika digabungkan dengan warna merah dan kuning dapat memberikan kesan kepercayaan dan kesehatan. 

Sebagai warna yang memberi semangat, warna biru diketahui berguna dalam merangsang perlambatan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh, oleh karena itu warna biru diartikan sebagai penekan selera makan. Atas dasar itu maka warna biru kerap dianggap sebagai sebuah warna terlarang untuk digunakan pada sebuah restoran atau rumah makan. 

Bahkan, ada ilmu komunikasi visual yang menggunakan warna untuk terapi warna atau yang disebut colourology (menggunakan warna untuk menyembuhkan). Metode ini sudah dipraktekkan oleh banyak kebudayaan kuno seperti Mesir dan Cina. Mata kita bisa menangkap tujuh juta warna yang berbeda. Tetapi ada beberapa warna utama yang bisa memiliki dampak pada kesehatan dan mood yang pada akhirnya akan mendorong konsumen untuk lebih loyal terhadap produk perusahaan. Setiap warna memancarkan panjang gelombang energi yang berbeda dan memiliki efek yang berbeda pula. Dengan menggunakan berbagai nuansa warna pada materi promosi, branding, marketing, corporate identity serta logo perusahaan dapat membawa harmoni, stabilitas, keseimbangan dan peningkatan penjualan yang mengagumkan. 

Dalam desain logo, dari semua warna dalam spektrum, biru adalah warna yang bisa meningkatkan nafsu makan untuk itu disarankan menempatkan makanan di piring biru. Biru juga dapat memperlambat denyut nadi dan suhu tubuh lebih rendah. Ini adalah warna yang menenangkan dan diyakini mengatasi insomnia, kecemasan, masalah tenggorokan, tekanan darah tinggi, migrain dan iritasi kulit. 

Satu dari emoji paling populer yang disediakan dalam Whatsapp adalah Love emoji atau emoji hati (heart). Jika umumnya, hati selalu digambarkan dengan warna merah, emoji Love atau hati utuh dalam Whatsapp tersedia dalam beberapa warna, yaitu : merah, hijau, kuning, oranye, biru, ungu dan hitam. 

Meski melambangkan rasa cinta atau menyukai seseorang atau sesuatu, setiap warna emoji Love pada Whatsapp memiliki makna tersendiri. Emoji hati berwarna biru berarti seseorang sangat memiliki keyakinan atau kepercayaan penuh kepada seseorang.

Emoji biru tidak hanya mewakili cinta, kesetiaan, kesetiaan dan persahabatan platonis. Namun juga merupakan bentuk dukungan kesadaran autisme, kecintaan akan olahraga air atau ekspresi hasrat yang tinggi. 

Deskripsi atau apapun itu yang telah disampaikan diatas, warna biru telah menghiasi perjalanan hidupku 😊.

Comments